Ini Sistem Informasi terbaru dari Puskesmas Sungai Ayak. Sistem Informasi dan Manajemen Jamkesmas. Sesuai namanya, sistem ini digunakan dalam pengelolaan data Jamkesmas di Puskesmas yang meliputi data pasien rawat jalan, data pasien rawat inap, data persalinan, dan data keuangan.
Mengapa harus membuat SIM Jamkesmas sendiri ? Bukankah ada SIM Jamkesmas yang dibuat oleh Ditjen Bina Kesehatan Masyarakat melalui Program Jamkesmas Pusat ?
Ya, memang ada SIM Jamkesmas yang dapat diperoleh gratis dan online ke Jamkesmas Pusat.
Masalahnya adalah : data yang harus diinput ke SIM Jamkesmas Pusat adalah data jadi. Artinya, Puskesmas harus mengolah sendiri data yang diperlukan, setelah datanya selesai barulah diinput ke SIM Jamkesmas milik Ditjen Binkesmas tersebut. Sebagai contoh, untuk dapat menginput data 10 besar penyakit rawat jalan dari peserta Jamkesmas, harus diolah dulu data pasien rawat jalan yang berkunjung ke Puskesmas. Petugas pengelola Puskesmas harus menghitung lebih dulu jumlah pasien peserta Jamkesmas, mengelompokkan data penyakitnya, lantas menyortirnya dalam 10 besar penyakit rawat jalan maupun rawat inap. Begitu juga untuk membuat laporan Kepesertaan, Pelayanan Kesehatan dan Pendanaan Peserta Jamkesmas di Puskesmas (lampiran 1 Juknis Jamkesmas 2009) harus diolah terlebih dulu angka-angka melalui data pendukung seperti, kunjungan rawat jalan peserta Jamkesmas, kunjungan rawat inap peserta Jamkesmas, data rujukan, kunjungan bumil, bulin, dan KN. Semua itu akan cukup melelahkan jika dilakukan secara manual. Adanya SIM Jamkesmas untuk Puskesmas ini akan sangat membantu meringankan pekerjaan pengelola Program Jamkesmas di Puskesmas. Petugas cukup memasukkan data mentahnya saja. Selanjutnya adalah tugas program untuk mengolah serta memberikan sajian data yang dibutuhkan.
Gambaran Program
Saat pertama kali dibuka, akan muncul jendela antar muka berupa form (lihat gambar)
Form ini terdiri dari 3 halaman yaitu Data, Laporan, dan Grafik. Pada halaman data terdapat tombol untuk mengakses Data Umum, Register Rawat Jalan, Register Rawat Inap, Data Bumil, Kunjungan Bumil, Data Rujukan, Data Persalinan, Kunjungan KN, serta Register Keluhan Masyarakat.
Pada halaman 2 yaitu halaman Laporan digunakan untuk mengakses laporan seperti, Laporan Penyakit, Laporan Rawat Inap, 10 Besar Rawat Jalan, 10 Besar Rawat Inap, Laporan Visit Rate, Laporan Kepesertaan,Pelayanan Kesehatan dan Pendanaan (Lap Yankes), Buku Kas Umum, dan Catatan Keuangan.
Sedangkan halaman 3 memuat Grafik yaitu Grafik Rawat Jalan, Grafik Rawat Inap, dan Grafik Visit Rate.
Input Data
Input Data dilakukan melalui Register Rawat Jalan, Register Rawat Inap, Register Bumil, Register Bulin, Register Rujukan, dan Catatan Keuangan. Caranya cukup gampang yaitu klik pada register yang diinginkan, maka akan tampil register dimaksud. Misalnya, untuk mengisi register rawat jalan maka klik pada tombol REG RWT JALAN. segera akan tampil sheet Register Rawat Jalan. User tinggal memasukan data pasien rawat jalan pada register tersebut. Demikian juga untuk register lainnya.
Untuk melihat laporan, silakan klik pda tombol laporan yang diinginkan. Contohnya 10 besar Penyakit Rawat Jalan.
Disini dicontohkan adalah bulan Pebruari 2010. Bulan diinput melalui klik pada tombol INPUT BULAN sehingga muncul form Input Bulan. Pilih bulan yang diinginkan dan OK. Dalam contoh di atas adalah bulan Pebruari namun datanya belum terurut secara benar. OK, tidak masalah. Tinggal klik saja pada URUT DATA, maka hasilnya seperti gambar di bawah ini.
Sekarang, datanya sudah terurut dengan benar dari yang terbesar sampai yang terkecil dan berikut ini adalah grafiknya.
Demikian sekelumit tentang SIM JAMKESMAS dari Puskesmas Sungai Ayak. Ada yang berminat ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar