05 Juli, 2009

SIMPUS 1.4 FREE

Setelah cukup sukses dengan SIMPUS versi 1.3, dimana telah banyak di download dan mendapat tanggapan yang positif dari berbagai penjuru tanah air, maka kini Puskesmas Sungai Ayak meluncurkan versi terbarunya yaitu SIMPUS 1.4 yang lebih lengkap. Jika pada versi 1.3 hanya mencakup 8 jenis laporan, pada SIMPUS 1.4 telah ditambahkan lagi1 laporan baru yaitu Laporan Mingguan (W2).
Ada sedikit perbedaan antara kedua versi ini yaitu pada penyajian dan metode pembuatan program. Jika pada Versi 1.3, register pasien dan laporan bulanannya terpisah dalam file bulanan dari Januari – Desember, maka untuk versi 1.4, register pasien hanya 1 untuk Januari – Desember. Demikian juga untuk laporan bulanan. Setiap jenis laporan menempati 1 file yang terdiri dari 3 sheets yaitu Bulanan, Total, dan Grafik.
Untuk melihat/mencetak laporan bulanan sesuai yang diinginkan, user cukup mengklik tombol laporan yang diinginkan misalnya LB 1 sehingga file LB 1 terbuka pada sheet Bulanan. Tempatkan cursor/pointer pada sel nama bulan (N6). Akan muncul tanda segiti ga (▼). Klik tanda tersebut hingga muncul nama bulan. Klik pada bulan yang diinginkan. Dihadapan user, disajikan laporan pada bulan bersangkutan. Untuk melihat laporan pada bulan lainnya, tinggal melakukan hal yang sama dengan memilih bulannya. Jadi tidak perlu pindah sheet seperti pada versi 1.3. Sheet total menampilkan data keseluruhan dari bulan Januari hingga bulan terakhir yang diisi data.


Buku Register

Buku Register (File Register Pasien) tidak lagi terpisah untuk tiap-tiap bulan, tetapi sudah menyatu dalam satu file yaitu file Register. Cara pengisian masih tetap sama namun ada tambahan metode yaitu : 1. Mengisi langsung pada sheet REGISTER (versi 1.3 – sheet Kunjungan); 2. Menggunakan Form Input Data Pasien. Lihat gambar di bawah ini.


Simpus 1.4 Free

Bagi anda yang ingin menjajal versi bebas dari SIMPUS 1.4 dapat mengunduh/download filenya yang kami sajikan di bawah. Simpus 1.4 Free ini hanya menyajikan 3 jenis laporan yaitu, Laporan Data Kesakitan (LB1), Laporan Surveilans, dan Laporan Mingguan (W2). Data yang harus anda sesuaikan pada data umum hanyalah Nama Tempat Pelayanan berupa nama Puskesmas, Pustu, Polindes, dan Pusling, serta nama Desa.

Perlu kami ingatkan bahwa sebelum menggunakan program ini, anda harus melakukan setting makro pada program Excelnya yaitu dengan cara (Office 2003) klik Tool – Macro – Security. Pada jendela security yang muncul, beri tanda/klik pada opsi Low, lalu OK.
Selanjutnya lakukan setting pada Add-Ins. Caranya yaitu klik Tool – Add. Ins. Pada jendela Add-Ins, klik pilihan Analysis ToolPak, Analysis ToolPak – VBA, Conditional Sum Wizard, Lookup Wizard, dan Solver Add-in.

Untuk download klik disini.

Jika ingin menggunakan program secara penuh, anda dapat menghubungi kami via email yaitu di sungaiayakhc@gmail.com

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: