27 Desember, 2012

Agar Excel Menampilkan Angka Nol Di Depan

Kadangkala, dalam membuat suatu daftar, kita ingin membuat format nomor urut dalam daftar tersebut terdiri dari dua, tiga, empat, atau lima angka dengan menampilkan angka nol di depan pada nomor yang kurang dari jumlah digit yang kita inginkan.
Sebagai contoh, kita akan membuat suatu daftar dengan tiga angka dimana angka 1 sampai 99 akan menampilkan angka nol di depan. Misal nomor urut 1 ditulis menjadi 001, dan 99 menjadi 099, hingga akhirnya angka ratusan tetap menampilkan angka yang sebenarnya.

Namun sayangnya, jika kita ketikkan begitu saja angka 001, maka setelah dienter, Excel akan membuang angka nol di depan, artinya seberapa banyakpun angka nol kita tulis di depan angka bukan nol, maka angka nol yang dianggap tidak berarti tersebut akan dibuang alias tidak ditampilkan.
Cara yang biasa dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menambahkan tanda petik satu di depan angka yang ditulis seperti 001 akan  diketik '001, demikian seterusnya.
Mengetik tanda petik satu plus 0 dan 0 di depan angka bukan nol tentu akan memerlukan waktu juga sedangkan dalam tiap-tiap pekerjaan yang kita lakukan tentunya kita ingin melakukannya dengan cepat. Tapi caranya bagaimana ?
Coba perhatikan baik-baik gambar di bawah ini :

Di depan angka bukan nol, telah tampil angka nol sesuai digit yang diminta. Apakah dengan cara mengetikkan tanda petik satu di depan diikuti mengetikkan angka nol ?  Tentunya tidak !

Disini saya akan memberikan sedikit trik untuk anda.
Pili (blok) kolom atau baris yang ingin diformat dengan nol di depan sesuai keperluan anda. Selanjutnya klik kanan pada kolom atau baris yang sudah dipilih/diblok dan pilih Format Cell. Pada jendela format cell, pilih Custom. Dibawah Type ketikan nol (0) sebanyak format angkat yang akan dibuat. Misal kita ingin membuat tiga digit, maka ketikkan nol sebanyak tiga kali seperti gambar di bawah ini.

Nah, gampang kan ?
Semoga bermanfaat. Jangan lupa jika anda sudah bisa melakukannya, beritahu teman lainnya juga. Kalau perlu beritahu juga agar berkunjung ke blog ini.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Tengkyu

BlogerBaru mengatakan...

nice... thank you