21 Oktober, 2007

Sosok

dr. Mangaraja Tampubolon

Dokter tamatan Universitas Sumatera Utara ini bertugas di Puskesmas Sungai Ayak tahun 1979 hingga tahun 1982. Beliau termasuk dokter pertama yang bertugas tetap di Puskesmas Sungai Ayak. Belum ada Pustu apa lagi Polindes. Tenaga di Puskesmas keseluruhannya berjumlah 7 orang terdiri dari 1 dokter, 2 perawat, 1 bidan, 1 sanitarian, 1 pembantu perawat, dan 1 petugas kebersihan.


dr. Marthen Bato
Sebelum bertugas di Puskesmas Sungai Ayak, dr. Marthen Bato adalah dokter sekaligus Kepala Puskesmas Nanga Tebidah, Kabupaten Sintang. Mulai tugas di Puskesmas Sungai Ayak tahun 1983. Dokter kelahiran Tana Toraja ini adalah alumnus Fakultas Kedokter Universitas Hasanudin, Makasar. Tahun 1986 dr. Marthen Bato pindah dari Puskesmas Sungai Ayak ke Puskesmas Sungai Durian, Kabupaten Sintang. Selanjutnya beliau diangkat sebagai Direktur Rumah Sakit Umum Sintang. Tahun 1992 kembali lagi ke Kabupaten Sanggau. Kali ini dalam posisi sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau. Jabatan sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau dijalani hingga tahun 2005.


dr. Siswadi Kurnia

Dokter kelahiran Jakarta 1955 ini menamatkan kuliahnya di Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya pada tahun 1982. Tugas pertama sebagai dokter adalah pada Puskesmas Balai Sepuak, Kecamatan Belitang Hulu, Kabupaten Sekadau. Empat tahun di Balai Sepuak, tahun 1986 beliau pindah ke Puskesmas Sungai Ayak. Dalam hal lama bertugas di Puskesmas Sungai Ayak, dr. Siswadi Kurnia adalah pemegang recor. Beliau bertugas di Puskesmas Sungai Ayak selama 13 tahun. Tahun 1999 dr.Siswadi memutuskan untuk berhenti sebagai PNS, pindah ke Jakarta, dan saat ini bermukim di Tangerang - Banten.


dr. Suwendi
Lahir di Singkawang tahun 1969 dan menamatkan pendidikan pada Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Suwendi mulai menunaikan baktinya di Puskesmas Sungai Ayak pada tahun 1994. Selamanya menjalankan tugas di Puskesmas Sungai Ayak, dr. Suwendi juga merangkap sebagai dokter pada Puskesmas Belitang dan Puskesmas Balai Sepuak. Tahun 1996 dr. Suwendi pindah dari Puskesmas Sungai Ayak ke Puskesmas Nanga Mahap. Selanjutnya belum ada khabar lagi.

dr. Parlyn RD Situmorang
Bertugas di Puskesmas Sungai Ayak tahun 2001, setelah sebelumnya menjalani masa tugas sebagai dokter PTT di Puskesmas Mukok, Kabupaten Sanggau. Tahun 2002 pindah ke Puskesmas Sekadau Hilir, dan saat ini bertugas di Rumah Sakit Umum Sekadau

dr. Agustinus Ruma
Beberapa dokter yang pernah bertugas di Puskesmas Sungai Ayak, sebelumnya pernah bertugas di Puskesmas Balai Sepuak. Begitu juga dengan dokter yang satu ini. Kelahiran Tana Toraja tahun 1972, dokter tamatan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanudin ini memulai tugasnya di Puskesmas Sungai Ayak bulan Agustus 2002 menggantikan dr. Parlyn RD Sitomorang yang pindah ke Puskesmas Sekadau Hilir. Jadi antara dr. Agustinus Ruma dan dr. Parlyn RD Situmorang sepertinya tukar tempat tugas, dimana sebelumnya dr. Agustinus Ruma juga bertugas di Puskesmas Sekadau Hilir. Tahun 2003 dr. Agustinus Ruma pindah tugas ke Tarakan, Kalimantan Timur.


dr. Rossy Tejaningsih

rossy tejaningsihKelahiran Padalarang - dr. Rossy Tejaningsih memulai tugasnya sebagai dokter PTT di Puskesmas Sungai Ayak pada bulan Juni 2005 mengisi kekosongan tenaga dokter yang ditinggalkan dr. Agustinus Ruma. Tahun 2006 dokter jebolan Fakultas Kedokteran Universitas Maranatha Bandung ini mengikuti test untuk formasi pegawai pada Pemkab Sekadau dan April 2006 diangkat sebagai CPNS. Dokter Rosy banyak melakukan pembenahan pada Puskesmas Sungai Ayak, terutama pada Unit Rawat Inap yang sebelumnya tidak terurus dan kumuh. Di tangan beliau sedikit demi sedikit ruang rawat inap direnovasi. Sekarang ruang rawat inap sudah jauh berubah. Bersih, dilengkapi berbagai fasilitas yang diperlukan untuk kenyamanan pasien rawat inap.

dr. Jessie Prihartanti
jessie prihartantiMemulai tugasnya di Puskesmas Sungai Ayak bulan September 2007. Dokter berperawakan mungil namun manis ini adalah alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi-Manado.
Menurut dr. Jessie Prihartani, Sungai Ayak adalah salah satu tempat yang cukup menarik. Itulah sebabnya beliau jarang sekali meninggalkan tempat tugasnya jika tidak ada urusan yang sangat penting. Mudah-mudahan saja bisa bertugas lebih lama di Sungai Ayak ya ?

drg. Elsa Satyaningsih
elsa setyaningsihAlumni Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran ini memulai tugasnya di Puskesmas Sungai Ayak pada tahun 1993. Empat tahun menjalani tugas di Puskesmas Sungai Ayak, dokter gigi yang lahir di Bandung ini, tahun 1998 pindah ke Puskesmas Sekadau Hilir. Saat ini, beliau adalah Kepala Puskesmas Sekadau Hilir atau sering disebut sebagai Puskesmas Sungai ringin.


drg. Uliarta Eva Marpaung
uli arta eva marpaungLahir di Pematang Siantar - Sumatera Utara. Alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara. Mulai bertugas di Puskesmas Sungai Ayak bulan September 2007 sebagai pegawai tidak tetap (kontrak). Hingga saat ini masih setia menjalani tugasnya.













2 komentar:

Anonim mengatakan...

Dear Owner of this Blogger, saya Helwan Purwanegara(ega). Saya teman Lama Dengan Dr.Jessie Prihartanti, saya udah lama banget nyari Dr. Jessie. berkat iseng2 nyari namanya di internet ternyata ada. hal yang paling menggembirakan adalah ketika saya melihatnya dia berada dimana saat ini. hanya satu comment saya, Jessie Kurus Banget dari yang saya kenal dulu(Zaman SMU). Tolong sampaikan salam saya kepada sdri Jessie Berikut no hp 0818461261. Email saya helwan.purwanegara@kpsg.co.id
To Owner User for this blogger, Thx a lot. Regard

Anonim mengatakan...

hahaa..saya anaknya dr. marthen bato
sering papa cerita ttng puskesmas ini..semoga setelah intership saya di terima PTT di kalbar mengikuti jejak papa