31 Desember, 2009

SIMPUS 1.41

simpus+menu+sistem+informasiBagi yang sudah mencoba SIMPUS 1.4 Free maupun SIMPUS 1.4 Free Full Version, kini saatnya anda update ke SIMPUS 1.41 yang akan kami rilis bulan Januari 2010.
Berdasakan pengalaman dalam penggunaan Simpus vesi sebelumnya, kami menemukan bahwa terdapat sedikit masalah setiap kali file Simpus di buka. Ada pertanyaan tentang Update yang harus dijawab oleh user. Bagi yang sudah terbiasa mungkin tidak masalah. Namun bagi yang cukup awam dan punya kemampuan terbatas dalam ber-Excel, tentu dapat membingungkan. Inilah jendela yang senantiasa muncul setiap kali salah satu file Simpus di buka.
User harus memilih, update atau don’t update. Memilih update maka program akan memperbaharui data sehingga memerlukan waktu tunggu yang cukup lama hingga file siap pakai. Hal ini disebabkan karena data yang diupdate berbeda filenya. Tidak jarang pula program seperti akan hang.

menu+simpusUntuk mengatasi hal tersebut, maka kami mencoba menyatukan semua dalam satu file sehingga jendela pertanyaan update tidak muncul lagi. Mudah-mudahan ini cukup membantu. Namun hal yang cukup membingungkan staf saya selama ini adalah, update Simpus yang terus menerus dan berlangsung dalam tempo yang cukup singkat.
”Koq berubah lagi sih pak ?”, begitulah pertanyaan yang sering dilontarkan saat saya katakan bahwa Simpus-nya sudah diperbaharui. ’Ya, berubah..... sejalan dengan ilmu per-Excel-an yang saya dapatkan”. Begitu selalu saya jawab.
Dan Anda, pengunjung setia blog ini serta peminat Simpus semuanya, tentu juga melihat kenyataan bahwa pada link download, terdapat 3 versi Simpus yang tersedia yaitu, Master Simpus, Simpus 1.4 Free, dan Simpus 1.4 Free Full Version. Pilih yang mana ?
Dari data yang kami dapatkan pada 4Shared.com tempat dimana file Simpus di share, ternyata bahwa Simpus 1.4 Free menempati urutan teratas dengan 179 unduhan, Master Simpus 122 unduhan, dan terakhir Simpus 1.4 Free Full Version dengan 79 unduhan.


Para pengunduh barangkali bingung juga, pilih yang mana ya ?
Inilah saatnya untuk tidak bingung-bingung. Ambil saja Simpus 1.41 yang akan kami on-kan beberapa hari lagi. Dan yang penting ...... free. Namun jika ada yang meminta untuk diubahsuai menurut keperluan Puskesmasnya, tentu memerlukan charge juga. Tetapi tidak perlu khawatir, charge itu sekedar buat pengganti biaya kirim dan kompensasi waktu yang saya perlukan untuk menyesuaikan dengan keinginan anda. Yang jelas, data dasarnya harus dari pasien rawat jalan. Sehingga laporan yang dihasilkan berbasis rawat jalan juga. Jika berminat, anda dapat menhubungi kami melalui (sungaiayakhc@gmail.com).

Apa perbedaan SIMPUS 1.41 dengan Simpus sebelumnya ?
  1. SIMPUS 1.41 hanya terdiri dari 1 file sedangkan Simpus versi sebelumnya terdiri dari banyak file sehingga setiap kali membuka salah satu file, user akan dihadapkan dengan pertanyaan apakah data akan diupdate atau tidak.
  2. Simpus versi sebelumnya memiliki file laporan yang berdiri sendiri-sendiri, sedangkan dalam SIMPUS 1.41, laporannya menempati satu sheet. Dalam sheet laporan tersebut dapat dipilih bulan laporan yang diinginkan atau semua bulan (total). Berbeda dari SIMPUS 1.4 dimana data kumulatif (total) menempati sheet tersendiri, jadi ada pengurangan sheet.
  3. Karena hanya 1 file, maka waktu untuk membuka SIMPUS 1.41 jadi lebih singkat.
  4. Ukuran file secara keseluruhan lebih kecil dari SIMPUS 1.4
  5. Terdapat Menu Utama dan Menu Grafik
  6. Terdapat perubahan pada Laporan Malaria dengan penyesuaian pada format laporan terbaru.
SIMPUS 1.41 merupakan sebagian dari SIMPUS secara keseluruhan. Di Puskesmas Sungai Ayak, selain SIMPUS 1.41 yang mengelola kunjungan rawat jalan sehingga di lingkungan kami disebut SIM RAWAT JALAN, kami juga membuat SIM RAWAT INAP, SIM OBAT, SIM KIA, dan SIM PEGAWAI. Jumlah SIM ini akan terus dikembang sesuai keperluan serta kemampuan kami dalam membuat softwarenya.


Nah, untuk semua peminat SIMPUS made in Sungai Ayak, kami mohon masukannya sehingga ke depan Program SIMPUS yang kami kembangkan menjadi semakin sempurna. Kepada teman-teman sejawat di Puskesmas di seluruh Indonesia yang telah memberi komentar atas Simpus dari Sungai Ayak, kami ucapkan terima kasih. Komentar yang kami harapkan bukan saja komentar yang memuji akan tetapi juga kritikan-kritikan yang bersifat konstruktif.

Salam Simpus !

3 komentar:

Anonim mengatakan...

mau tanya : simpusnya qo ga bisa jalan di excel 2007 saya ya? ada tulisan "cannot run macro....."mungkin ts bisa membantu...thx b4

PUSKESMAS SUNGAI AYAK mengatakan...

Coba lihat manualnya. Disitu ada sedikit penjelasan mengenai pengaktifan macro untuk Office 2007.

Anonim mengatakan...

Apa bisa digunakan utk rawat jalan? Gimana saya bisa mendapatkan sofware simpus 1.41 dan berapa biayanya?