22 Oktober, 2007

Beranda Depan

TENTANG PUSKESMAS SUNGAI AYAK



Dasar Pembentukan

Puskesmas Sungai Ayak dibangun atas dasar Inpres No. 10 Tahun 1976. Didirikan dalam tahun anggaran 1976/1977. sebagai perluasan dari Balai Pengobatan yang sebelumnya sudah ada. Saat dibangun baru, lokasi Balai Pengobatan yang sebelumnya ditengah pemukiman penduduk sehingga terkesan sempit, dipindahkan ke Jl. Dr. Sutomo RT I/RW 02 No. 86 Desa Sungai Ayak III Kode Pos 78586, diperbatasan dusun Sungai Ayak II dan dusun Sungai Ayak III.
Luas gedung Puskesmas pada awal pembangunan hanya 135 m2 setelah direhab total pada tahun 1999 bertambah menjadi 235 m2.
Sebagai Puskesmas Rawat Inap, Puskesmas Sungai Ayak dilengkapi ruang rawat inap berkapasitas 7 tempat tidur. Di areal Puskesmas seluas kurang lebih 1,6 ha dibangun pula rumah tinggal bagi para pegawai yaitu rumah dokter 1 buah, rumah dokter gigi 1 buah (rusak berat), rumah paramedis 2 buah (rusak berat) dan mess pegawai 2 buah (kurang baik).
Wilayah Kerja



Wilayah kerja seluas 764,30 km2 terletak di antara 0.28'58" detik LU - 0.2'24" LU dan 110.37'.00"BT - 110.20'.00"BT meliputi seluruh wilayah Kecamatan Belitang Hilir. Terdiri dari 8 desa yang membawahi 33 dusun berpenduduk ±21.772 jiwa. Jarak tempuh ke desa terdekat (Sungai Ayak III) adalah 0 jam, dan terjauh (Semadu) 1,5 jam menggunakan sepeda motor. Sama dengan 0 – 50 km (lihat peta).
Secara topografi, wilayah Kecamatan Belitang Hilir merupakan dataran rendah, sering dilanda banjir bila musim hujan. Meskipun banjir tidak pernah menelan korban jiwa karena naik perlahan-lahan, namun cukup merepotkan. Biaya perjalanan meningkat tajam sebab pengguna kendaraan bermotor – utamanya roda dua – harus menggunakan jasa perahu atau rakit untuk menyeberangi banjir yang sekali naik biayanya antara Rp 5.000,- - Rp 10.000,-. Lokasi banjir bukan saja hanya satu tempat namun bisa sampai empat atau lima tergantung seberapa tingginya banjir yang terjadi. Namun persoalan banjir ini sedikit banyak sudah diatasi dengan peninggian badan jalan di pusat kota Sungai Ayak maupun jalan ke desa Tapang Pulau yang merupakan jalan utama di Kecamatan Belitang Hilir, sehingga untuk masyarakat dari desa Tapang Pulau bahkan masyarakat dari Kecamatan Belitang dan Belitang Hulu, mulai paruh kedua tahun 2008 ini bila akan ke Sungai Ayak, tidak perlu lagi takut banjir.

Jalur Akses

Ada dua jalur akses yang dapat digunakan untuk mencapai Puskesmas Sungai Ayak, yaitu melalui darat dan sungai. Jalur sungai biasanya digunakan oleh masyarakat yang bermukim di desa yang terletak di pinggiran sungai seperti Desa Sungai Ayak III, Desa Sungai Ayak I, dan Desa Entabuk. Sedangkan jalur darat digunakan oleh hampir keseluruhan desa karena saat ini jalan darat sudah menjangkau semua desa yang ada di wilayah Kecamatan Belitang Hilir. Jalan darat ini dapat dilalui kendaraan roda 2 maupun 4, meskipun sebagian besar masih merupakan jalan tanah dengan atau tanpa pengerasan. Sudah bukan hal yang aneh lagi bagi masyarakat Belitang Hilir mandi debu bila musim kering, dan mandi lumpur bila musim hujan. Jalan yang sudah diaspal hanyalah jalan dalam kota Sungai Ayak sepanjang kurang lebih 1,5 km.
Bagi masyarakat luar Kecamatan Belitang Hilir, khususnya yang berada dibelahan lain Sungai Kapuas yaitu wilayah selatan Kabupaten Sekadau, untuk dapat mencapai Sungai Ayak harus menyeberangi Sungai Kapuas terlebih dahulu. Ada dua jalur penyeberangan menjadi alternatif yaitu di dusun Sungai Ayak I dan dusun Sungai Asam. Kedua jalur ini bermuara di dusun Gonis Rabu, desa Gonis Tekam, kurang lebih 20 km dari kota Sekadau arah ke Sintang.













Kota Sungai Ayak dilihat dari Sungai Kapuas

Penggunaan Komputer untuk pengolahan data, bukan sekedar ketik mengetik
Juga sudah menggunakan LAN

---------------------------------------------

Pustu dan Polindes
Dalam upaya mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat hingga ke pelosok desa demi mensukseskan IS 2010, dibangun Puskesmas Pembantu (Pustu) dan Pondok Bersalin Desa (Polindes). Terdapat 7 Pustu dan 8 Polindes di wilayah kerja Puskesmas Sungai Ayak. Pada Pustu ditugaskan seorang perawat, sedangkan pada Polindes ditugaskan seorang bidan. Tidak semua Pustu dan Polindes sudah mempunyai tenaga tetap. Hal ini disebabkan kurangnya tenaga kesehatan yang diperlukan untuk menempati pos-pos tersebut. Desa terjauh seperti Menawai Tekam, sudah mempunyai Polindes (sekarang disebut Poskesdes) namun belum ada petugasnya, sehingga Poskesdes yang dibangun tahun 2006 lalu sampai saat ini masih kosng melompong. Selengkapnya mengenai Pustu dan Polindes dapat dilihat pada halaman Pustu dan Polindes.

GAMBARAN UMUM

Wilayah kerja Puskesmas Sungai Ayak meliputi seluruh desa dalam wilayah Kecamatan Belitang Hilir yaitu 8 desa dengan 33 dusun. Jumlah penduduk berdasarkan data yang kami dapat dari Kantor Camat Belitang Hilir adalah 21.772 jiwa. Mata pencaharian penduduk pada umumnya petani, pedagang, buruh, pegawai swasta, dan PNS.
Dari jumlah penduduk tersebut di atas tercatat. 789 kk termasuk dalam keluarga miskin dengan 3.145 jiwa. Lihat tabel Gakin.

Tenaga
Tenaga yang ada pada Puskesmas Sei. Ayak berjumlah 25 orang berstatus PNS dan 2 orang magang.Rincian selengkapnya pada tabel berikut ini
Masih dibutuh 3 orang tenaga bidan di desa untuk menempati Polindes yang masih kosong yaitu Polindes Semadu, Kumpang Bis, dan Menawai Tekam, serta 1 Perawat untuk Puskesmas Pembantu yaitu Puskesmas Pembantu SP. 5 Melanjan.

Peran Serta Masyarakat

Peran serta masyarakat di bidang kesehatan (UKBM) berupa Posyandu, Pos Obat Desa, Gizi, dan Sanitasi. Terdapat 20 Posyandu dengan kader aktif sebanyak 90 orang. Kader Gizi 4 orang, Kader Sanitasi 4 orang, Battra 4 orang, Pos Obat Desa ada 2 namun tidak berfungsi lagi.











dr. Wirdan.M, Kadinkes KB Kab. Sekadau, dan drg. Oscar Primadi, Kadinkes Prop. Kalbar. Foto diambil dalam rangka safari ramadhan Gubernur Kalbar Usman Jafar, Agustus 2005


Jack, alat penambang yang digunakan PETI untuk menyedot emas dari dasar Sungai Kapuas. Mencemari air karena penggunaan merkurinya.

Penyeberangan di Sungai Asam





Diupdate pada 30/05/2008
by. Lukas (Plt. Ka. Puskesmas Sei. Ayak)

6 komentar:

editor in chief mengatakan...

Semoga menjadi media informasi di Sungai Ayak khususnya bagi peningkatan kesehatan warta.

Salam,
Warta eGov
http://www.wartaegov.com

Endang Supriyadi mengatakan...

Kami dari Sub-Bagian Data & Informasi Bagian Program dan Informasi Ditjen Bina Yanmedik Depkes RI Jakarta mengucapkan selamat atas dibuatnya Weblog ini. Kami harapkan dengan Weblog ini Puskesmas Sungai Ayak dapat meningkatkan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan lebih baik lagi, khususnya bagi masyarakat Kecamatan Belitang Hilir Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat.

Semoga dimasa yang akan datang Puskesmas Sungai Ayak akan menjadi semakin berkembang, berprestasi dan semakin informatif dengan sajian online-nya.

Selamat kepada Bpk. Lukas

Sub-Bagian Data & Informasi
Bagian Program dan Informasi
Direktorat Jenderal Bina Pelayanan Medik
Departemen Kesehatan RI
Jakarta

yarlina yacoub mengatakan...

lukas yang sedang mencari saya, mohon hubungi di : yarlinayacoub@yahoo.com

Anonim mengatakan...

terimakasih banyak uda membuat sebuah blog mengenai sei ayak sehingga kami yang berada diperantauan tetap tahu tentang kabar sei ayak..saya sekarang sedang membangun sebuah website mengenai sei ayak, saya harap anda bisa memberikan informasi menengenai sei ayak untuk saya masukkan kedalam website yang sedang saya bangun. anda bisa menghubungi saya di :
email : eddy_230489@yahoo.co.id
friendster : eddy_230489@yahoo.co.id
Yahoo massagger : eddy_230489@yahoo.co.id

Anonim mengatakan...

kesehatan merupakan hal yang penting.jadi saya rasa fasilitas puskesmas harus ditingkatkan lagi.agar jika masyarakat yang sakit parah tidak perlu dibawa kesekadau atau sintang lagi,apalagi jaraknya jauh.

PUSKESMAS SUNGAI AYAK mengatakan...

Terima kasih untuk komentarnya. Kami akan terus meningkatkan fasilitas rawat inap Puskesmas Sungai Ayak, agar lebih mampu lagi menangani pasien, hingga akhirnya hanya pasien yang benar-benar diluar kemampuan dan kewenangan kamilah yang akan di rujuk.