15 November, 2008

MENUJU PUNCAK



Jumat, 7/11/2008 saya ditelepon oleh Ibu Dominika, Kepala Bidang Yankes Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau yang mengabarkan bahwa Puskesmas Sungai Ayak termasuk salah satu nominasi juara Lomba Kinerja Puskesmas Tingkat Propinsi Kalimantan Barat. Beliau menyarankan untuk hadir dalam upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional di halaman Kantor Dinas Kesehatan Propinsi Kalimantan Barat tanggal 12 Nopember 2008. Ketika saya konfirmasikan tentang kedudukan juara ini pada posisi berapa ? Ibu Dominika menyatakan bahwa pihak Dinkes propinsi belum dapat memberitahukan. “Surprise”, begitu katanya.


Senin, 10/11/08, pak Budi Mustika dari Bidang Yankes Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau mengabari bahwa baru saja menerima fax yang menyampaikan nominasi juara Lomba Kinerja Puskesmas Tingkat Propinsi Kalimantan Barat Tahun 2008. Namun juga belum jelas, dimana sesungguhnya posisi Puskesmas Sungai Ayak dalam daftar nominasi tersebut, apakah urutan pertama atau terakhir ?
Selasa, 11/11/08 pukul 11.50 WIB saya mendapat telpon dari seseorang yang mengaku dari Dinas Kesehatan Propinsi Kalimantan Barat. Katanya, “Puskesmas Sungai Ayak juara Lomba Kinerja Puskesmas Tingkat Propinsi Kalimantan Barat tahun 2008. Anda diminta untuk hadir dalam upacara peringatan HKN di Kantor Dinas Kesehatan Propinsi Kalimantan Barat tanggal 12/11/08 pukul 07.30 WIB. Saya katakan bahwa saya dalam kondisi yang kurang fit, saya tidak pasti apakah dapat mengikuti upacara tersebut atau tidak. “Tolong, usaha untuk hadir”, suara dari seberang sana meminta. Dan telpon ditutup.

Saya tulis sms ke Ibu Dominika yang sedang mengikuti pelatihan PONED di Semarang. Saya bilang, tolong tanya orang propinsi, sebenarnya Puskesmas Sungai Ayak juara berapa ? Hal ini penting untuk saya tanyakan mengingat jarak tempuh dari Puskesmas Sungai Ayak ke Pontianak terbilang jauh, sekitar 380 km. Memerlukan waktu perjalanan lebih kurang 9 jam dalam keadaan normal. Namun hari sudah siang begini, bagaimana akan berangkat ? Bis Sungai Ayak – Pontianak hanya satu kali sehari, berangkat pukul 07.30 pagi. Jika akan berangkat siang atau malam harus ke Sekadau. Dalam kondisi badan yang kurang fit ini (demam, batuk, pilek) harus pikir-pikir dulu. Jangan-jangan sampai di Pontianak esok hari tak bisa bangun. Terlebih lagi posisi peringkat yang belum pasti. Kalau datang hanya untuk mengambil predikat juara harapan, saya pikir keterlaluan juga harus mengorbankan diri seperti ini. Bukan meremehkan, tetapi saya harus berhitung dulu soal waktu yang mepet dan biaya perjalanan yang tidak sedikit.

Pukul 13.00 saya menerima kabar dari Ibu Dominika. “Selamat Pak Lukas, Puskesmas Sungai Ayak, dapat Juara 1”, kata Bu Domi. “Besok ikut ya upacara di Dinkes Propinsi. Nanti saya minta pak Budi siapkan Surat Tugas dan SPPD nya, biar transportnya dibantu dari dinas”

Pukul 17.00 saya bersama Joniarto, Koordinator Imunisasi Puskesmas Sungai Ayak berangkat ke Sekadau. Dari Sekadau kami akan menumpang bis jurusan Sintang – Pontianak. Jam 20.00 kami meninggalkan Sekadau untuk menuju ke Pontianak dan sampai di Pontianak pukul 05.30 pagi.

Pukul 07.30 berangkat ke Dinas Kesehatan Propinsi untuk mengikuti upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional. Selesai upacara diumumkan para pemenang dalam berbagai lomba yang diadakan untuk memperingati HKN tahun 2008. Sungguh amat membahagiakan manakala Puskesmas Sungai Ayak disebut sebagai Juara 1 dalam Lomba Kinerja Puskesmas Tingkat Propinsi Kalimantan Barat tahun 2008. Teringat bagaimana kerja keras kami – seluruh jajaran Puskesmas Sungai Ayak – dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba tersebut, baik ditingkat Kabupaten muapun tingkat Propinsi, hingga akhirnya menjadi yang terbaik. Kami akan terus meningkatkan kinerja Puskesmas Sungai Ayak, bukan karena lomba yang diadakan, melainkan karena tugas dan tanggung jawab sebagai pelayan masyarakat di bidang kesehatan sebagaimana visi dan misi Puskesmas Sungai Ayak yaitu “memandirikan masyarakat untuk hidup sehat”, dan “membuat rakyat sehat”.

Demikian perjalanan kami menuju puncak. Selanjutnya apa ?





Tidak ada komentar: