02 November, 2008

POLINDES SUNGAI AYAK I

Ini merupakan Polindes termuda di Kecamatan Belitang Hilir. Dibangun dalam Tahun Anggaran 2006 di atas tanah seluas 25 x 25 m. Luas bangunan kurang lebih 42 m2. Beralamat di dusun Sebedau, desa Sungai Ayak I. Dari pusat desa jaraknya 11 km, karena harus mengambil jalan memutar. Mengikuti jalan Sungai Ayak – Sekadau, dan di km 8 belok kiri sejauh 3 km pada jalan tanah tanpa pengerasan.

Disini bertugas bidan Yati. Kunjungan sekali seminggu dan setiap tanggal 15 untuk Posyandu. Mengapa tidak menetap ?

Polindes ini terletak di pinggir kampung yang sepi, jauh dari rumah penduduk. Dikelilingi pohon-pohon karet, cempedak, dan semak belukar. Tak ada penerangan, tak ada perabotan, tak ada alat kesehatan yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan sehari-hari. Dengan keadaan seperti ini, tidaklah memungkinkan bagi Bidan untuk menempatinya. Entah bagaimana yang diatas membuat perencanaan. Membangun rumah tidak dengan perabotannya, bagaimana akan bekerja ?

Saat ini, yang ada cuma sebuah meja plus 2 buah bangku sumbangan orang kampung. Itulah yang selalu dipakai oleh petugas jika berkunjung.

Dalam kunjungan kami bulan Agustus lalu, sudah nampak kalau bangunan Polindes ini sudah mulai dihinggapi rayap. Barangkali karena dekat ke hutan, ataukah karena bidannya hanya berkunjung sekali seminggu, sehingga rayap punya banyak kesempatan untuk membangun, memperindah bangunan Polindes dengan sarangnya.
Untuk diketahui, bidan di desa Sungai Ayak I, wilayah kerjanya meliputi desa Sungai Ayak I yang terdiri dari 3 dusun. Ketiga dusun tersebut dikunjungi secara bergiliran.

Semoga aja betah ya meskipun minim fasilitas ?

Pemberian PMT

Periksa Bumil


Timbang Bayi



Pemberian imunisasi oleh Rosmalawati, petugas gizi Puskesmas

1 komentar:

puskesmas mengatakan...

terima kasih sudah memberikan komentar di web blog Puskesmas Mojoagung. Kegiatan kami yang menarik akan segera tayang di blog adalah : acara HKN (donor darah, seminar kecantikan dg akupuntur, lomba, operasi katarak/bibirsumbing) dan Tim Gadar.
Tetap semangat dan berjuang meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia