23 Desember, 2008

FUNGSI TERBILANG PADA EXCEL

Bagi anda yang ditugasi mengerjakan suatu proyek yang berhubungan dengan keuangan, tentunya tidak asing dengan yang namanya kwitansi. Pada kwitansi selalu tertulis dengan angka dan dengan huruf. Masalahnya kita sering lupa mengubah dengan huruf (terbilang) sementara angkanya sudah berubah secara otomatis menggunakan fungsi Sum atau fungsi lain untuk menjumlahkan. Kita sadar akan kelalaian tersebut setelah filenya diprint. Nah .... bayangkan betapa banyak kertas yang habis sia-sia karena kelupaan kita tersebut.

Kali ini saya akan memberikan sedikit tip sebagai obat lupa (yang penting ingat, dong ...hehehe..)
Download filenya disini

Setelah di download, simpan filenya di komputer anda. Terserah nyimpannya di mana, mau di C atau di D, atau di flasdish juga boleh, yang penting jangan lupa tempat dimana menyimpannya. Selanjutnya buka file yang telah disimpan tadi. Jika muncul peringatan akan adanya macro, pilih enable makro. Berikutnya setelah file excel terbuka, klik Tool - Macro - Security. Pada jendela security pilih low lalu OK.

Klik File - Save As. Pada jendela Save As pilih Save As Tipe : Microsoft Excel Add-In. Klik Save.
Nah selesai sudah. Tutup kembali filenya. Dan sekarang, buka workbook baru. Cobalah mengetik angka 150,20 di sel E7 . Kemudian pada sel F7 ketikan =Terbilang(E7). Enter. Anda akan takjub, karena angka yang anda ketikkan di sel E7 sudah diterbilangkan pada sel F7 dengan kata-kata Seratus Lima Puluh Rupiah Dua Puluh Sen. Lihat gambar.

Selamat mencoba. Jika belum berhasil, coba dan coba lagi. Tidak ada istilah gagal, yang ada hanyalah kenyataan bahwa kita belum menemukan atau mendapatkan apa yang kita inginkan. Keberhasilan adalah buah dari kegigihan



Tidak ada komentar: